Langsung ke konten utama

LUDRUK MARHAEN KEBANGGAAN PARA SENIMAN JAWA-TIMUR



LUDRUK MARHAEN, WHERE ARE YOU. . . ? ? ?

Keseniaan apapun namanya, akan menghinggapi kalbu setiap insan. Dari meniup seruling bambu, menirukan lagu-lagu pop yang populer saat tertentu, hingga serampang 12 pernah kuikuti. Belakangan hari, sebelum saya benar-benar jompo,  tinggal satu seni yang aku dapat mengikuti latihannya, yaitu seni memukul bola tennis.

Tetapi dari sekian banyak jenis kesenian itu, kini ada yang hampir punah, atau bahkan telah benar2 punah.LUDRUK...!
Aku memilih seni Ludruk ini menjadi bahan tulisan pendek, karena pagi ini +/- pk 07.00 kubuat status di facebook, yang menyangkut Seni Ludruk, Ketoprak Siswo-Budoyo, Film Tiga Dara th 1957 dan Ketoprak Mataram dengan Cokro-Jiyo nya.
Ludruk adalah kesenian rakyat, seni pentas yang amat dekat dengan kehidupan rakyat kecil. Terutama warga Jawa Timur, kesenian ini bukan sesuatu yang asing. Disukai karena disamping adegan lawak yang tidak ada putusnya pada semua adegan, juga seolah-olah semua lawakan itu berada didalam hardisk yang tersimpan pada kepala masing-masing pemeran.
Sisi lainnya, Ludruk menjadi semacam alat komunikasi. Terutama pada masa sebelum dan setelah proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia. Mengapa demikian ?
Ludruk didalam pagelaran baik secara indoor dan outdoor, selalu menyampaikan kabar baru mengenai cerita dari medan palagan melawan tentara Jepang ataupun Sekutu, yang membawa Belanda kembali ke Indonesia.
Dalam setiap pementasan selalu ada menyebut tokoh dari medan palagan tertentu, namun selalu disamarkan. Bagi para penonton yang mengetahui peristiwanya, atau bahkan ikut terlibat didalam palagan itu, boleh jadi tertawa karena kemasan lawaknya. Tetapi tidak jarang ada yang meneteskan air mata. Apalagi jika ditampilkan adegan seorang isteri bersama anaknya, yang sedang bertanya-tanya kepada para tentara Indonesia saat itu, kemana si A atau B.
Jika semua tentara telah ditanya dan tak ada satupun yang tau, bisa dipastikan sang  suami telah tewas dimedan palagan. Adegan berikutnya, si Ibu dengan anaknya pingsan dipinggir jalan. Nah....sampai disini Anda jangan ikut menangis. Karena si Ibu diperankan oleh tokoh pria yang dipoles seperti ibu yang cantik dengan bayinya. Dan bayinya hanya sebuah boneka.
Yang ketiga, rumah saya hanya berjarak 25 Km dari gudangnya para seniman Ludruk. Sebuah kampung yang berada di Kota Jombang, Jawa Timur. Saya tak tau persisnya. Begitu dekatnya, namun tidak juga saya tau bagaimana kelanjutan hidup matinya Ludruk.
Dalam sebuah pementasannya, masih saya ingat ada sebuah kampung bernama “Jelak”. Saya nonton pementasan Ludruk ini pada th 1955, dalam acara perkawinan sebuah keluarga disana dengan tokoh utamanya bernama “BOWO”.
Panggungnya terbuka dengan tangga naik terbuat dari bambu. Asmuni tokoh Srimulat, pernah menyebut kata “Diweg”. Saya juga pernah lewat dikampung ini, tetapi tetap saja tidak tau, dimana pusat kesenian Ludruk itu dimulai. Pak Asmuni ini juga tokoh seniman dari Jombang. Jika Anda naik mobil dari Mojokerto ke Jombang, disebelah kiri jalan ada rumah makan Asmuni, disekitar wilayah Brangkal.
Tahun 1959 masih menyaksikan pentas Ludruk Marhaen di Kota Probolinggo, dengan judul ceritanya “KUNANTI DI JOGJA”. Inilah kisa seram dan mengharukan yang saya singgung sedikit diatas. Begitu layar ditutup dan lampu gedung dinyalakan, terlihat banyak yang mengusap air mata. Begitu hebatnya Ludruk Marhaen mempengaruhi sisi bathin para penontonnya.
Emosi para penonton diaduk-aduk dengan heroiknya para tentara dalam menerima perintah komandannya, meskipun itu taruhannya nyawa melayang. Tidak ada sedikitpun menolak perintah, walau harus mati. Apa arti hidup ini jika teman-teman seprofesi sudah banyak yang gugur. Begitu kira-kira pikiran setiap prajurit waktu itu. Dan kenyataannya, setelah merdeka banyak kawan yang tak akan pernah dijumpainya lagi.
Belum lagi cerita atau adegan isteri kehilangan suami, perawat kehilangan kekasih dan akhirnya malah ikut angkat senjata bela-pati untuk kekasih tercinta. Adegan seorang ibu yang menyusup kekota, dengan membawa dagangan berupa nasi, namun juga membawa senapan otomatis dibawah bakul nasinya. Semua itu demi perjuangan sekaligus bela-pati untuk negeri tercinta. What about us ?
Sudahlah....,pengorbanan kita kini, tak akan pernah setara dengan pengorbanan mereka. Mereka pantas mendapat surga. Karena mereka berjuang tanpa pamrih.
Di era tahun 1970an masih ada Ludruk RRI Surabaya dengan tokoh “Rukun, Meler, Markuwat, Fatolah Akbar”. Di tahun 1980an masih ada Ludruk “Gema Tribrata”.
Ketika saya berada di Kalimantan, Sumatra dan di Jakarta..., sungguh mati saya tidak tau, apa dan dari mana kata TRIBRATA itu berasal. Kata itu, terpampang megah disebuah kampus SPN, yang hanya 3 – 4 Km saja dari rumah saya.
Kini ditahun 2000an, saya telah selesai menjalankan kewajiban saya sebagai PNS yang berjanji “bersedia ditempatkan diseluruh wilayah Indonesia”. Tinggal dirumah ndeso dengan bubungan atap yang meliuk-liuk seperti cacing kepanasan. Tetapi kini telah diperbaiki, jangan kawatir.
Sebagai penutup, saya tetap bertanya dalam hati : “LUDRUK... WHERE  ARE YOU...., NOW ?”. 08/05/2017 13:38:32
 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

FOTO DAN CERITA dari Sungai Karang Mumus

Di atas itu adalah foto-foto selama menyusuri Sungai Karang Mumus di Samarinda.Perjalanan dilakukan dengan naik perahu kecil dengan penumpang 3(tiga) orang termasuk pemilik perahu, pada tanggal 18 Pebruari 2018.

TERBANG MALAM BERSAMA SEORANG DEWI

09/05/2017 8:55:36 Cerita ini hampir mirip dengan nonton film tiga dimensi, atau bahkan seperti cerita dalam Mahabharatha, dimana nama tokoh penulisnya ada didalamnya. Yaitu Mpu Valmiki. Miripnya dengan film tiga dimensi, benda-benda yang jauh tampak kecil. Dan manakala kami bagaikan terbang mendekati sesuatu objek, maka objek itupun tampak membesar. Pergerakan yang cepat menimbulkan desau angin yang kuat. Dan ketika kami diam disuatu tempat yang tinggi, awan tampak bergerak berarak-arak. Benar-benar seperti dongeng. Sayang sekali aku tidak bertanya, atau tidak dapat bertanya tentang siapa dia. Dia seolah menunjukkan kepadaku, betapa indahnya alam raya diluar Bumi ini. Sebentar berhenti, melihat kebawah. Dibawah sana tampak kendaraan roda 4 sedang bergerak beriring-iringan dijalan yang padat. Seolah memberikan pelajaran kepadaku, alangkah luasnya angkasa raya ini, dan tanpa macet. Yang masih kuingat busananya, dia menggunakan kain penutup badannya dengan warna seperti pela