Langsung ke konten utama

Rawon Jam 12 Tengah Malam

Pasar Blimbing Malang Tahun 1969
          Sekitar akhir bulan Januari menjelang Februari tahun 1969, aku mencari perguruan tingi guna melanjutkan belajar. Sebelum aku sampai ke kota Malang lebih dulu mengikuti pendaftaran di Surabya. Tetapi karena di kota Malang ternyata lebih mudah mencari kawan, maka aku memutuskan untuk tinggal di sana.
          Setelah beberapa bulan berada di kota Malang, aku mulai banyak mengenal anak-anak remaja disekeliling tempat tinggalku. Mereka akrap dan menyenangkan. Gaya bahasa Malang yang sering membalik kata, atau melafalkan kata yang dimulai dari huruf paling belakang, kupelajari lagi. Di tahun 1956 aku pernah tinggal juga di sana.
Kata Rokok, jika dibaca dari belakang akan menjadi “Kokor”. Tetapi, tidak demikian hukum pembalikan kata dalam bahasa Malang. Itu menjadi ciri Khas bagi anak-anak yang sok bergaya Malang, tetapi sebenarnya bukan asli Malang. Orang Malang asli akan mengatakan Rokok menjadi = Oker, bukan Kokor atau sejenisnya. Duwit menjadi “Raijo”, Kerja menjadi “Idrek” dan sebagainya.
Tetapi, yang akan kuceritakan bukan kota Malang dengan hukum pembalikan kata, atau keakrapan diantara kawan, melainkan fenomena malam di “Pasar Blimbing”.
Dengan berjalannya waktu dan semakin banyak teman, aku mengenal seorang lagi yang bernama “Ickhwan”. Ia pandai main Gitar, bila ia tidak sedang banyak pekerjaan, ia datang ke rumah Bu De-ku. Di situ aku tinggal selama 2 tahun.
Dari sore hari kami kumpul sambil ngobrol, kadang-kadang hingga jam 02 pagi. Kamarku menjadi semacam pos malam. Dari Catur, Gaplek dan Remi, dan di luar sana lainnya main Gitar.
Aktifitas malam itu sebenarnya juga butuh energi, di sinilah peran dari “Cak Ikhwan”. Beliau itu sebenarnya seorang Guru di sebuah sekolahan setingkat SLTP di komplek Angkatan Udara Abdurahman Saleh. Bila teman yang hadir hanya 4 – 5 orang saja, ia tidak segan mengajak kami untuk mengajak makan di malam buta itu ke Pasar Blimbing.
Di sana ada fenomena unik yang baru saja saya kenal. Tempat yang kami datangi adalah sebuah warung makan dengan menu Rawon. – Apa sih istimewanya? – Tidak ada yang istimewa dari segi makanannya. Yang istimewa justru warung tersebut, Warungnya. Jika kita datang mencari warung itu sebelum jam 12 tengah malam, yang kita lihat hanya tumpukan bangku dari kayu dan bambu, serta lokasi yang gelap gulita. Warung itu buka pada jam 12 tengah malam sampai pagi.
Sampai sekarang aku tidak pernah ingin tahu apa sebabnya, karena pasar Blimbing telah berubah total.
Di warung itulah Cak Wan atau Cak Ikhwan sering mengajak kami makan. Keterikatannya dengan kawan telah mengalahkan kepentingannya sendiri. Ia justru merasa senang jika dapat makan bersama dengan teman-temannya.
Kemudian hari aku baru tahu bahwa itu adalah salah satu identitas Pasar Blimbing Tempo Dulu dengan menu “RAWON JAM 12 TENGAH MALAM”.
Kini pasar Blimbing semakin ramai, dan tembus ke Dinoyo dengan salah satu jalan bernama Terusan Soekarno-Hatta. Bahkan setelah jembatan, jika belok ke kanan dapat sampai ke Selecta.

07/02/2011 12:38:10

Komentar

Postingan populer dari blog ini

FOTO DAN CERITA dari Sungai Karang Mumus

Di atas itu adalah foto-foto selama menyusuri Sungai Karang Mumus di Samarinda.Perjalanan dilakukan dengan naik perahu kecil dengan penumpang 3(tiga) orang termasuk pemilik perahu, pada tanggal 18 Pebruari 2018.

TERBANG MALAM BERSAMA SEORANG DEWI

09/05/2017 8:55:36 Cerita ini hampir mirip dengan nonton film tiga dimensi, atau bahkan seperti cerita dalam Mahabharatha, dimana nama tokoh penulisnya ada didalamnya. Yaitu Mpu Valmiki. Miripnya dengan film tiga dimensi, benda-benda yang jauh tampak kecil. Dan manakala kami bagaikan terbang mendekati sesuatu objek, maka objek itupun tampak membesar. Pergerakan yang cepat menimbulkan desau angin yang kuat. Dan ketika kami diam disuatu tempat yang tinggi, awan tampak bergerak berarak-arak. Benar-benar seperti dongeng. Sayang sekali aku tidak bertanya, atau tidak dapat bertanya tentang siapa dia. Dia seolah menunjukkan kepadaku, betapa indahnya alam raya diluar Bumi ini. Sebentar berhenti, melihat kebawah. Dibawah sana tampak kendaraan roda 4 sedang bergerak beriring-iringan dijalan yang padat. Seolah memberikan pelajaran kepadaku, alangkah luasnya angkasa raya ini, dan tanpa macet. Yang masih kuingat busananya, dia menggunakan kain penutup badannya dengan warna seperti pela

LUDRUK MARHAEN KEBANGGAAN PARA SENIMAN JAWA-TIMUR

LUDRUK MARHAEN, WHERE ARE YOU. . . ? ? ? Keseniaan apapun namanya, akan menghinggapi kalbu setiap insan. Dari meniup seruling bambu, menirukan lagu-lagu pop yang populer saat tertentu, hingga serampang 12 pernah kuikuti. Belakangan hari, sebelum saya benar-benar jompo,   tinggal satu seni yang aku dapat mengikuti latihannya, yaitu seni memukul bola tennis. Tetapi dari sekian banyak jenis kesenian itu, kini ada yang hampir punah, atau bahkan telah benar2 punah.LUDRUK...! Aku memilih seni Ludruk ini menjadi bahan tulisan pendek, karena pagi ini +/- pk 07.00 kubuat status di facebook, yang menyangkut Seni Ludruk, Ketoprak Siswo-Budoyo, Film Tiga Dara th 1957 dan Ketoprak Mataram dengan Cokro-Jiyo nya. Ludruk adalah kesenian rakyat, seni pentas yang amat dekat dengan kehidupan rakyat kecil. Terutama warga Jawa Timur, kesenian ini bukan sesuatu yang asing. Disukai karena disamping adegan lawak yang tidak ada putusnya pada semua adegan, juga seolah-olah semua lawakan i